Listrik
Pintar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi
listrik melalui meter elektronik prabayar. Dengan Listrik Pintar, pelanggan
bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik, disamping itu pelanggan tidak
perlu berurusan dengan pencatatan meter setiap bulan, dan tidak perlu terikat
dengan jadwal pembayaran listrik bulanan. Karena persediaan kWh dapat ditambah
berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Latar
belakang diluncurkannya program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk terus
meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan berbagai bentuk inovasi.
Selama ini banyak pelanggan mengeluhkan mengenai pencatatan meter, jumlah
tagihan yang tidak menentu setiap bulan, banyak pula keluhan mengenai tagihan
listrik di rumah kontrakan/kos. Dengan adanya Listrik Pra Bayar pelanggan dapat
dengan mudah mengendalikan pemakaian listriknya sesuai dengan kebutuhan.
Banyak
manfaat yang didapat oleh pelanggan dengan adanya program prabayar ini, antara
lain :
1. Pelanggan
dapat dengan mudah memantau pemakaian listriknya setiap saat
2. Pelanggan
dapat mengontrol penggunaan listrik sesuai kemampuan
3. Tidak ada
sanksi pemutusan
4. Privasi
tidak terganggu
5. Kemudahan
pembelian token/pulsa
6. Tanpa
uang jaminan pelanggan
7. Tanpa
dikenakan biaya beban
8. Tidak ada
istilah menunggak
9. Biaya
penyambungan pasti
10.Pelaksanaan
penyambungan cepat
11.Pelanggan
tidak lagi berurusan dengan pencatat meter dan jadwal pembayaran setiap bulan
Proses
Layanan Pasang Baru :
1. Calon
pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi
2. Petugas
PLN melakukan survey lokasi
3.
Penerbitan surat persetujuan
4. Pelanggan
menyampaikan sertifikasi laik operasi (SLO)
5. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
6. Petugas
PLN melaksanakan penyambungan (hanya tiga hari kerja)
Perubahan
Daya :
1. Pelanggan
melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP
2.
Penerbitan surat persetujuan
3. Pelanggan
membayar biaya administrasi/biaya penyambungan dan token perdana
4. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5. Petugas
melaksanakan penyambungan (hanya 2 hari kerja)
Migrasi
Paskabayar ke Prabayar :
1. Calon
pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi
2.
Penerbitan surat persetujuan
3. Pelanggan
membayar biaya penyambungan dan token perdana
4. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5. Petugas
melaksanakan penyambungan (hanya 2 hari kerja)
Struk dan
Token :
LPB
menggunankan sistem “token” dan mengikuti standard transfer specification
(STS). Token adalah 20 puluh digit angka yang unik dan berisi informasi untuk
di-masuk-kan ke dalam kWh meterLPB yang didapatkan oleh setiap Pelanggan pada
saat membeli energi listrik di delivery channel PLN. Untuk transaksi pembelian
voucher/token LPB yang digunakan adalah nomor seri meter, terdiri atas 11
digit.
Struk adalah
bukti pembelian energi listrik PLN dari tiap delivery channel PLN yang berisi
TOKEN.
Penggunaan
Listrik Pintar :
Langkah 1 :
Sebelum
menggunakan Listrik Pintar, voucher token harus dibeli dari tempat penjualan
token terdekat. Nomor serial meter harus sesuai dengan identitas pelanggan,
agar token kWh dapat digunakan. Pada saat membeli token pelanggan akan
mendapatkan 20 digit yang tertera di struk pembelian. Masukkan 20 digit nomor
token di struk ke meter anda.
Langkah 2 :
20 digit
nomor token harus diinputkan ke meter melalui keypad di meter prabayar. Nomor
token yang diinputkan akan terlihat di display meter. Periksa nomor yang
diinputkan sama dengan nomor token. Jika salah input, gunakan tombol spasi
balik (?) untuk menghapus nomor yang salah. Bila ingin mengulangi inputan nomor
token, tekan tombol tanda pagar (#) ini akan menghapus semua nomor yang diinput
dan anda dapat menginputkan 20 digit nomor token kembali.
Penting :
- Token
hanya dapat dipakai untuk nomor seri meter tertentu
- Token
hanya dapat digunakan sekali pakai
- Pastikan
meter prabayar selalu dalam kondisi terisi token
- Apabila
token habis maka otomatis listrik akan padam
- Untuk
menghidupkan listrik karena token habis maka meter prabayar harus diisi ulang
Listrik
Pintar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi
listrik melalui meter elektronik prabayar. Dengan Listrik Pintar, pelanggan
bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik, disamping itu pelanggan tidak
perlu berurusan dengan pencatatan meter setiap bulan, dan tidak perlu terikat
dengan jadwal pembayaran listrik bulanan. Karena persediaan kWh dapat ditambah
berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Latar
belakang diluncurkannya program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk terus
meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan berbagai bentuk inovasi.
Selama ini banyak pelanggan mengeluhkan mengenai pencatatan meter, jumlah
tagihan yang tidak menentu setiap bulan, banyak pula keluhan mengenai tagihan
listrik di rumah kontrakan/kos. Dengan adanya Listrik Pra Bayar pelanggan dapat
dengan mudah mengendalikan pemakaian listriknya sesuai dengan kebutuhan.
Banyak
manfaat yang didapat oleh pelanggan dengan adanya program prabayar ini, antara
lain :
1. Pelanggan
dapat dengan mudah memantau pemakaian listriknya setiap saat
2. Pelanggan
dapat mengontrol penggunaan listrik sesuai kemampuan
3. Tidak ada
sanksi pemutusan
4. Privasi
tidak terganggu
5. Kemudahan
pembelian token/pulsa
6. Tanpa
uang jaminan pelanggan
7. Tanpa
dikenakan biaya beban
8. Tidak ada
istilah menunggak
9. Biaya
penyambungan pasti
10.Pelaksanaan
penyambungan cepat
11.Pelanggan
tidak lagi berurusan dengan pencatat meter dan jadwal pembayaran setiap bulan
Proses
Layanan Pasang Baru :
1. Calon
pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi
2. Petugas
PLN melakukan survey lokasi
3.
Penerbitan surat persetujuan
4. Pelanggan
menyampaikan sertifikasi laik operasi (SLO)
5. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
6. Petugas
PLN melaksanakan penyambungan (hanya tiga hari kerja)
Perubahan
Daya :
1. Pelanggan
melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP
2.
Penerbitan surat persetujuan
3. Pelanggan
membayar biaya administrasi/biaya penyambungan dan token perdana
4. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5. Petugas
melaksanakan penyambungan (hanya 2 hari kerja)
Migrasi
Paskabayar ke Prabayar :
1. Calon
pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi
2.
Penerbitan surat persetujuan
3. Pelanggan
membayar biaya penyambungan dan token perdana
4. Calon
pelanggan menandatangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik
5. Petugas
melaksanakan penyambungan (hanya 2 hari kerja)
Struk dan
Token :
LPB
menggunankan sistem “token” dan mengikuti standard transfer specification
(STS). Token adalah 20 puluh digit angka yang unik dan berisi informasi untuk
di-masuk-kan ke dalam kWh meterLPB yang didapatkan oleh setiap Pelanggan pada
saat membeli energi listrik di delivery channel PLN. Untuk transaksi pembelian
voucher/token LPB yang digunakan adalah nomor seri meter, terdiri atas 11
digit.
Struk adalah
bukti pembelian energi listrik PLN dari tiap delivery channel PLN yang berisi
TOKEN.
Penggunaan
Listrik Pintar :
Langkah 1 :
Sebelum
menggunakan Listrik Pintar, voucher token harus dibeli dari tempat penjualan
token terdekat. Nomor serial meter harus sesuai dengan identitas pelanggan,
agar token kWh dapat digunakan. Pada saat membeli token pelanggan akan
mendapatkan 20 digit yang tertera di struk pembelian. Masukkan 20 digit nomor
token di struk ke meter anda.
Langkah 2 :
20 digit
nomor token harus diinputkan ke meter melalui keypad di meter prabayar. Nomor
token yang diinputkan akan terlihat di display meter. Periksa nomor yang
diinputkan sama dengan nomor token. Jika salah input, gunakan tombol spasi
balik (?) untuk menghapus nomor yang salah. Bila ingin mengulangi inputan nomor
token, tekan tombol tanda pagar (#) ini akan menghapus semua nomor yang diinput
dan anda dapat menginputkan 20 digit nomor token kembali.
Penting :
- Token
hanya dapat dipakai untuk nomor seri meter tertentu
- Token
hanya dapat digunakan sekali pakai
- Pastikan
meter prabayar selalu dalam kondisi terisi token
- Apabila
token habis maka otomatis listrik akan padam
- Untuk
menghidupkan listrik karena token habis maka meter prabayar harus diisi ulang
0 comments:
Post a Comment